Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
Pada awalnya
multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar
diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi
indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai
menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input
pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima
harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur
menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari
internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan
feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
Virtual
Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk
berinteraksidengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan objek
nyata maupun imajinasi.Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan
dapat dengan mudahmengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru,
tata letak interior rumah,eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya
(Philiph Kotler).VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling
Language.VRML sendiri adalahsuatu format komputer yang dapat menjelaskan object
3 dimensi untuk digunakan secaraonline maupun off line. VRML memiliki kemampuan
menampilkan object 3 dimensi statismaupun dinamis dan object multimedia melalui
hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.erdasarkan badan standarisasi
internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagianpertama merupakan
(ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dantext
encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS
14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan
VRML dengantata muka eksternal.
Aplikasi Virtual Reality
Salah satu contoh aplikasi
virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidangmiliter. Virtual
reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan
terjunpayung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih
menghemat biayadan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
Contoh dan Latihan VRML
VRML merupakan kepanjangan dari
Virtual Reality Modeling Language. VRML sendiri adalahsuatu format komputer
yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secaraonline maupun off
line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statismaupun dinamis
dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan
film.Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua
standard. Bagianpertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang
fungsi-fungsi standard dantext encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian
kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi
standard dan semua penggabungan VRML dengantata muka eksternal
Virtual Reality Security pada
Robot
Perkembang virtual reality di
dunia ini baru sampai pada tahap dunia sebetulnya adalah suatulingkungan yang
ditirukan berbasis-komputer berniat untuk para pemakai nya
untuktinggal/menghuni dan saling berhubungan via avatars. Tempat tinggal ini
yang pada umumnyadiwakili dalam wujud dua atau three-dimensional penyajian
humanoid grafis ( atau text-basedatau grafis lain avatars). Beberapa, tetapi
tidak semua, dunia sebetulnya mempertimbangkanberbagai para pemakai.Dunia
menjadi computer-simulated secara khas nampak serupa kepada dunia nyata,
dengandunia nyata [atur/perintah] seperti gaya berat, topografi, daya
penggerak, real-time tindakan,dan komunikasi. Komunikasi telah, sampai
baru-baru ini, dalam wujud teks, tetapi sekarang real-time menyatakan
komunikasi yang menggunakan VOIP ada tersedia. dunia Sebetulnya jenis ini kini
[yang] paling umum di (dalam) secara besar-besaran a multiplayer game online
(Dunia Aktip, Citypixel, Vios, [Di/Ke] sana, Ke dua LifeAlthough
bukan game, yang didalam(dirinya), tetapi lebih seperti lingkungan sebetulnya
yang dapat meliputi gamingEntropia Alamsemesta, Sims
Online, Lampu merah Pusat, Kaneva, Weblo), [yang] terutama sekali
secarabesar-besaran a multiplayer memainkan peranan game online seperti
Everquest, Ultima Online,Garis keturunan, Dunia Warcraft,Runescape Yang
AdventureQuest atau Serikat sekerja.
Pengaplikasian CBT
Lahirnya teknologi multimedia
adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologielektronik, teknik komputer dan
perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan danpengolahan gambar digital dalam
belasan juta warna dengan resolusi tinggi sertareproduksi suara maupun video
dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep danteknologi dari unsur -
unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputeruntuk disimpan,
diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif
antarakomputer dengan user, Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk
teks (huruf danangka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu
informasi dalam bentukmultimedia yang dapat diterima dengan kedua indra
penglihatan manusia dalam bentuk yangsesuai dengan aslinya atau dalam dunia
yang sesungguhnya (reality).
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar