18/12/12

MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi.  Dengan perangkat input pendeteksi bau,  seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
 
Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk berinteraksidengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan objek nyata maupun imajinasi.Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan dapat dengan mudahmengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru, tata letak interior rumah,eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya (Philiph Kotler).VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language.VRML sendiri adalahsuatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secaraonline maupun off line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statismaupun dinamis dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.erdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagianpertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dantext encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengantata muka eksternal.
Aplikasi Virtual Reality
Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidangmiliter. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjunpayung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biayadan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
Contoh dan Latihan VRML
VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language. VRML sendiri adalahsuatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secaraonline maupun off line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statismaupun dinamis dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagianpertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dantext encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2)yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengantata muka eksternal
Virtual Reality Security pada Robot
Perkembang virtual reality di dunia ini baru sampai pada tahap dunia sebetulnya adalah suatulingkungan yang ditirukan berbasis-komputer berniat untuk para pemakai nya untuktinggal/menghuni dan saling berhubungan via avatars. Tempat tinggal ini yang pada umumnyadiwakili dalam wujud dua atau three-dimensional penyajian humanoid grafis ( atau text-basedatau grafis lain avatars). Beberapa, tetapi tidak semua, dunia sebetulnya mempertimbangkanberbagai para pemakai.Dunia menjadi computer-simulated secara khas nampak serupa kepada dunia nyata, dengandunia nyata [atur/perintah] seperti gaya berat, topografi, daya penggerak, real-time tindakan,dan komunikasi. Komunikasi telah, sampai baru-baru ini, dalam wujud teks, tetapi sekarang real-time menyatakan komunikasi yang menggunakan VOIP ada tersedia. dunia Sebetulnya jenis ini kini [yang] paling umum di (dalam) secara besar-besaran a multiplayer game online (Dunia Aktip, Citypixel, Vios, [Di/Ke] sana, Ke dua LifeAlthough bukan game, yang didalam(dirinya), tetapi lebih seperti lingkungan sebetulnya yang dapat meliputi gamingEntropia Alamsemesta, Sims Online, Lampu merah Pusat, Kaneva, Weblo), [yang] terutama sekali secarabesar-besaran a multiplayer memainkan peranan game online seperti Everquest, Ultima Online,Garis keturunan, Dunia Warcraft,Runescape Yang AdventureQuest atau Serikat sekerja.
Pengaplikasian CBT
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologielektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan danpengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi sertareproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep danteknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputeruntuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antarakomputer dengan user, Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf danangka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentukmultimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yangsesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar